Ads 720 x 90

Mendapatkan Hosting Gratis dari Firebase menggunakan Termux



Setelah sebelumnya, saya telah mengenalkan ke sobatdroid semua, tentang termux di post mengenal termux, terminal linux di android.

Kali ini saya akan mengajarkan ke sobatdroid semua, cara mendapatkan hosting gratis 1GB dan Domain Gratis .web.app dari firebase menggunakan termux.

Apa itu Firebase

Jadi kalau sobatdroid tidak tau, firebase ini merupakan layanan dari google untuk mempermudah para pegembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasinya. Jadi pengembang aplikasi bisa fokus ke aplikasi mereka saja, masalah hosting, database, dan lainnya sudah ada di firebase.

Layanan firebase ini diperkenalkan tahun 2016, dan sampai saat ini masih memiliki plan gratis bernama spark. Saran saya untuk sobatdroid semua, buruan klaim hosting dan domain gratis kalian di firebase mengunakan termux ini.

Kenapa sobatdroid harus punya Firebase

Kapan lagi sobatdroid bisa dapat hosting gratis yang kenceng, dan domain gratis .web.app yang keren. domain web.app ini baru diperkenalkan dibulan mei ini, jadi nama-nama ktp mestinya masih banyak yang tersedia.

Lumayan buat web profil atau portofolio. Karena domain yang kita dapat juga gak malu-maluin. Nanti jadinya seperti : https://namakita.web.app. berasa seperti programer bukan.

Domain sejenis dari indonesia, yakni .web.id dibandrol 50ribuan, namun disini sobatdroid semua bisa mendapatkannya gratis. dari firebase menggunakan termux android tentunya.

Hosting Firebase tidak bisa untuk Wordpress

Sekedar info untuk sobatdroid semua, kalau hosting dari firebase ini tidak mendukung php, jadi sobatdroid tidak bisa menginstall script atau cms berbasis php, seperti wordpress, joomlah dan lain lain, jadi hosting ini cuma bisa buat website berbasis html, css dan javascript.

Tapi untuk sekedar website portofolio cukuplah, dan firebase juga memberikan kita SSL gratis, jadi website kita terjamin keamanannya.

Layanan yang ditawarkan firebase


Layanan-layanan lain yang disediakan firebase selain hosting dan domain gratis adalah sebagai berikut :
  1. Google Analytic
  2. Real-time database
  3. Authentication
  4. Cloud Stroage
  5. Hosting

Sekarang marilah kita melangkah ke cara mendapatkan hosting dan domain dari firebase menggunakan termux, pertama-tama kalian harus punya termux dulu, silahkan baca tentang termux dipost saya yang ini.

Setelah sudah mempunya termux silahkan ikuti langkah2 .

Langkah-langkah membuat Proyek

1. Login ke https://console.firebase.google.com menggunakan akun google anda, dan buat sebuah project.

2. Tentukan nama project, lalu edit "ID Project", karena nanti ini akan jadi nama domain sobat, kalau dibiarkan default, nama domainmu nanti jadi "nama project + angka random".

3. Tentukan lokasi analytics ke indonesia, lokasi server set ke asia, saya memilih asia-northeast1, kalau gak salah ini lokasinya di india.

4. Buat project, setelah selesai tekan lanjutkan, tutup saja browser sobat. dan kini sabatdroid sudah punya proyek yang bisa di ekseskusi di termux.

catatan : untuk mendapatkan hosting dan domain gratis dari firebase eksekusinya hanya bisa lewat firebase-CLI, jadi kita memerlukan termux kalau di android.

Langkah-langkah eksekusi di termux

Ketik perintah-perintah ini di termux secara berurutan.
jika nanti ada pertanyaan (Y/n) yes atau no, pilih Y (yes).

1. buka termux dan lakukan update paket
$ apt update && apt upgrade
2. Install node.js
$ pkg install nodejs
3. Install tsu, hp kalian harus sudah root.
$ pkg install tsu
4. install proot
$ pkg install proot
5 Dapatkan akses root untuk termux dengam mengetik ini. ketika akses root sudah didapatkan maka tanda "$" berubah menjadi "#".
$ tsu
# termux-chroot
6. Install firebase tools, tunggu sampai selesai.
# npm install -g firebase-tools
7. Login ke firebase, nanti browser akan terbuka buat perijinan firebase ke akun google kita.
# firebase login
8. Cek proyek yang kita bikin tadi, dengan mengecek list.
# firebase list
9. Mulai pembuatan hosting dan domain
# firebase init
10. Pilih Hosting, tekan panah ke bawah yang ada di termux, tekan "spasi" untuk memilih, terus "Enter" untuk eksekusi.

11. Nanti kalian ditanya untuk menggunakan folder "public" sebagai default, tekan enter saja.

12. Lalu kalian akan ditanya lagi, apakah sobat ingin menjadikan website kalian 1 halaman saja, pilih n (No).

13. Pembuatan website
# firebase deploy

Website telah jadi

Kini website kalian sudah jadi, dengan file index.html default dari firebase, ini cara untuk menggantiya, akses folder root kalian menggunakan aplikasi pengatur berkas android terbaik x-plore file manager, terus ke "data/data/com.termux/files/home/public". ganti isinya dengan buatan kalian atau template html yang bisa sobat cari di google, lalu ketik lagi "# firebase deploy" di termux, maka isinya akan tersinkron dengan folder kita, file yang sama tidak akan di upload lagi, hanya file yang sudah diubah yang di upload.

Setelah jadi, sobatdroid bisa mengkases website kalian dengan domain idproject.firebaseapp.com atau idproject.web.app.

Penutup

Demikianlah cara mendapatkan hosting dan domain gratis dari firebase menggunakan termux, jika sobat ingin hosting dan domain gratis yang bisa buat worsdpress silahkan mampir ke post saya yang daftar lengkap penyedia free hosting unlimited dan cara mendaftar domain gratis freenom 100% berhasil, sampai jumpah di post saya selanjutnya.


Atdx
Seorang Blogger kambuhan, bikin postingan blog kalau lagi ingin saja, jika ada keperluan silahkan Email saya langsung ke hi@atdx.eu.org

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter