-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri untuk Pengguna Blogger

Post a Comment

Hai sob, kali ini saya akan memberikan Tutorial "Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri bagi Pengguna Blogger". Mempunyai Email di jaman sekarang sudah menjadi hal wajib, kegunaan email sangat banyak, yang paling utama tentu untuk kirim dan terima pesan.

Penyedia Email gratis sangatlah banyak, salah satunya yang raksasa adalah gmail.com, berhasil menggeser kepopuleran yahoo, gmail mempunyai banyak kelebihan, yakni bisa mengakses semua fitur yang ada di Google, salah satunya ya Blogger ini.

Email gratisan gmail yang berakhiran @gmail.com memanglah Epic, tapi pernah gak sih lo berpikir menggunakan Email dengan domain lu sendiri, jadi nanti jadinya emaillu@domainlu.com, legendary sekali bukan.

Mempunyai email dengan domain sendiri bisa membuat anda lebih terlihat profesional, sehingga membuat orang mudah percaya, ketimbang menggunakan email ekstensi gratisan macam gmail.com , yahoo.com, hotmail.com, dll.

Bagi pengguna Wordpress mempunyai Email dengan Domain sendiri adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, tapi bagi pengguna Blogger adalah hal yang mudah juga, pasti kalian kira susah kan, tenang saja mudah kok.

Persiapan Membuat Email dengan Domain Sendiri bagi Pengguna Blogger

Ini adalah hal-hal atau bahan-bahan yang harus sobat siapkan:

Domain

Pertama sobat tentu harus punya domain, domain gratis EU.org juga bisa, contoh kayak email kontak saya hi@atdx.eu.org, dan tentu sobat harus punya kontrol terhadap domain tersebut, yaitu akses ke dns manager, saran saya untuk dns manager sobat bisa menggunakan DNS.HE.NET atau Cloudflare, disana fiturnya lengkap, dan nyaris tanpa propagasi khusus untuk Cloudflare.

Akun Email Gmail

Tahukah sobat, ada produk google yang bernama G Suite, produk tersebut memiliki banyak fitur, salah satunya bisa mempunyai Email dengan menggunakan Domain sendiri, tapi harus bayar ya, paling murah 4.20 Dollar perbulan.

Apa? Sobat miskin gak punya duit! tenang aja sob saya juga kok, makanya saya pake tutorial ini dan membagikannya ke  kalian juga, kita membutuhkan gmail untuk penyimpanan email kita, lumayan kan dapat 15 GB penyimpanan, akun gmail-nya tidak harus sama dengan blogger kok, bisa pake gmail lain juga bisa.

dan di gmail ada fitur namanya Email ALIAS, jadi kita bisa membuat Nama ALIAS untuk Email kita, kita bisa menggunakan Domain yang kita punya untuk ALIAS-nya, jadi nanti kita bisa kirim email ke orang menggunakan alamat emaillu@domainlu.com.

Tapi nanti teman yang sobat kirimin email mau balas pesannya, emailnya gak bakalan masuk, karena alamat email itu memang belum ada, untuk solusinya, sobat bisa baca dibawah, di bahan selanjutnya akan mengatasi masalah ini.


Improvmx.com

Improvemx berfungsi men-forward atau meneruskan email yang dikrim ke emailu@domainlu.com ke email gmail sobat, tenang sobat gak perlu daftar-daftar untuk menggunakan layanan Email Forwarding Improvmx, sobat cukup memasukkan domain dan email gmail sobat ke kolom yang disediakan, nanti akan dikirim link konfirmasi ke email gmail sobat.

untuk login, cukup masukkan email/domain ke kolom yang login, nanti link untuk login akan dikirim ke email sobat, kalau mau login lagi nanti, ulangi lagi langkah ini, jadi tambah ribet ya di bandingkan di kasi akun yang  biasa saja, ya terima ajalah, gratis ini. ini lah solusi buat masalah yang saya bahas di atas tadi.

Sandi Aplikasi Google

Bagi yang akun Googlenya menggunakan verifikasi 2 langkah, kita memerlukan password atau sandi aplikasi, fungsinya agar kalau login gmail/google tidak memerlukan verifikasi 2 langkah, oh ya sob menu ini memang tidak akan muncul jika fitur verifikasi 2 langkah tidak aktif, jadi sobat harus mengkatifkannya dulu ya.

Langkah-langkah Membuat Email dengan Domain Sendiri untuk Pengguna Blogger

Membuat Email Forwarder di ImprovMX

Perhatian: Format postnya adalah gambarnya dulu terus penjelasannya, maaf terbalik, karena saya mengetik menggunakan hp, jadi lebih mudah, kalau melihat gambarnya baru menulis penjelasannya dibawah.

Sekarang kita akan memulai membuat email forwarder sob, simak baik-baik langkah-langkahnya.

1. Buka improvmx.com, dihalaman depan kalian akan diminta memasukkan domain dan email untuk memulai, nanti akan ada link yang dikirim ke email sobat, buka link tersebut.

2. Tekan tanda gear, dan pilih DNS setting.


3. Disini terlihat record apa saja yang harus sobat pasang ke DNS Manager.

4. Berpindah ke DNS Manager domain sobat, masukkan Record sesuai petunjuk.

5. Kembali ke Web Improvmx, tunggu sekitar 5 menit lalu tekan "Check Again" (DNS Manager lain memakan waktu lebih lama, sekitar 1x24 jam).

6. Setelah Menekan "Check Again", maka tulisan berwarana merah akan berubah menjadi hijau, yang menandakan Email Forwarding telah Aktif.

7.Pindah ke tab "Aliases" , tekan "TEST" untuk mengetesnya, kalau ada email masuk dari domain sobat, tandanya Email Forwarder telah sukses.

Membuat Sandi Aplikasi Google

Sekarang kita melangkah ke membuat sandi aplikasi untuk akun google kita. simak baik-baik langkah-langkahnya.

1. Masuk ke Akun Manager Google, pindah ke tab "Keamanan", lalu masuk ke "Sandi aplikasi".
2. Pilih aplikasi "Email" dan Perangkat terserah aja, terus tekan "BUAT".

3. Nanti sobat akan dapat password seperti ini, ini tidak perlu sobat hapal, cukup di copy saja, nantinya akan kita gunakan untuk login google/gmail tanpa verifikasi 2 langkah.

Membuat Alamat Email ALIAS dengan Domain Sendiri

Sekarang kita melangkah ke membuat Alamat Email Alias di Gmail, tentunya menggunakan Domain kita sendiri, simak baik-baik langkah-langkahnya.

1. Klil icon gear di pojok kanan atas, terus pilih Setting.

2. Pergi ke tab Account and Import, pada bagian Send mail as:, klik Add another email address.


3. Isi nama untuk email sobat, terus masukkan email dengan domain yang sudah sobat setting di improvmx tadi.

4. Masukkan alamat smtp gmail yaitu "smtp.gmail.com" terus masukkan alamat gmail sobat, untuk passwordnya masukkan sandi aplikasi yang sudah dibuat dilangkah sebelumnya.

5. Email konfirmasi telah di kirim ke emaillu@domainlu.com, alias terfordward ke Emai gmail sobat. silahkan salin kodenya untuk dimasukkan di kolom ini, atau langsung klik aja link yang dikasih.

6. Setelah Emailnya diklik, akan muncul halaman konfirmasi, kilik Confirm.


7. Alamat Email Alias dengan Domain sobat sendiri telah berhasil dibuat, klik "make default" untuk menjadikannya default.

8. Kalau sobat tidak mau menjadikannya default, sobat bisa memilihnya pada saat mau mengirim Email, di kolom From nanti akan ada pilihanya, untuk pengguna Web atau Aplikasi Gmail official.

Penutup

Demikian Tutorial "Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri untuk Pengguna Blogger" dengan berbagai kekukrangannya mohon dimaafkan, jika artikel ini berguna atau ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komen di kolom komentar.

Atdx
Seorang Blogger kambuhan, bikin postingan blog kalau lagi ingin saja, jika ada keperluan silahkan Email saya langsung ke hi@atdx.eu.org

Related Posts

Comments

Subscribe Our Newsletter