Ads 720 x 90

Mengenal Termux, Terminal Linux di Android



Apakah para sobat atdroid familiar dengan linux? command-line interface? terminal linux? jika tidak, berarti kita sama, hehe.

Seumur-umur saya belum pernah menggunakan sistem operasi yang bernama linux ini. Jadi linux ini adalah sistem operasi untuk pc.

Berbeda dengan windows yang berbayar, linux bisa kita dapatkan dengan gratis, tidak hanya gratis.

Linux juga memperbolehkan kita untuk memodifnya, istilah kerennya open source, jadi sobat atdroid bisa memiliki linux versi sobat atdroid sendiri.

Mengenal terminal linux

Di linux ada aplikasi yang namanya terminal. Tidak seperti windows yang sangat bergantung sama GUI/user interface, kalau mau apa-apa mesti buka aplikasi sesuai fungsi satu persatu.

Konon kabarnya di linux cukup buka terminal saja. Semua tugas bisa dilakukan dari situ. Wkwkwk maaf sob kalau kayak mendongeng, ya gimana ya, saya belum pernah make, ada si laptop tapi sekarang lagi rusak, dulu-dulu gak kepikiran buat pake linux.

Fungsi terminal linux

Jadi terminal di linux ini ya mirip modelnya dengan CMD di windows. Secara garis besar terminal di linux dan cmd di windows fungsinya sama. Yaitu sama-sama buat jalanin perintah berbasis text, bahasa kerennya CLI (Command-line interface).

Misalkan di windows, kita mau mendownload sebuah aplikasi, kita harus buka browser dulu, terus download manager, terus windows explorer, terus baru diinstall, habis itu aplikasi baru bisa di pakai. Di linux cukup ngetik-ngetik aja di terminal, aplikasinya langsung bisa digunakan.

Linux memiliki banyak turunan

Seperti yang saya bilang sebelumnyan kalau linux ini open source, jadi linux ini memiliki banyak sekali jenis atau turunan. Istilahnya adalah distro linux. Distro linux ini sudah dimodif aka dikembangkan, hingga lebih powerfull dari linux standar, yang saya dengar si begitu, maaf kalau salah, hehe.

Android merupakan turunan linux

Dan tau kah kalian para sobat atdroid?, kalau android merupakan turunan linux juga. tidak pada tau ya, kalau saya si uda tau dari dulu, kan salah satu yang membuat android dicintai karena sifatnya yang open source, jadi android juga memiliki banyak sekali modifan, kita biasa menyebutnya dengan custom rom, custom rom ini adalah bukti kalau android adalah sistem operasi yang open-source juga. yang membuat android open source tidak lain dan tidak bukan, karena dia mewarisi sifat bapaknya yaitu linux.

Termux, terminal linux di android

Jadi apakah kita bisa menggunakan terminal linux di android?. Jawaban bisa, berterima kasihlah kepada kepada Fredrik Fornwall yang telah mempelopori termux aka terminal linux di android.

Penyempurnaan dari terminal emulator for android

Sebenarnya sudah ada aplikasi sejenis termux sebelumnya, yakni terminal emulator for android, tapi yang bisa dilakukannya sangat terbatas dan sedikit. Itupun cuma dilingkungan android saja, jadi tidak bisa beroperasi layaknya distro pada umumnya, kalau mau tau perbedaannya dengan termux, silahkan baca penjelasan saya berikut ini.

Apa itu Termux android?

Termux atau terminal linux android adalah sejenis aplikasi terminal linux yang ada di pc, tapi bisa berjalan di android, dan termux ini berjalan di lingkungan distro linux debian, jadi termux android ini menjadikan android kita layaknya linux debian, android yang didukung minimal android 5.0 lollipop, yang berarti android 4.4 kitkat tidak bisa menggunakan termux.

Cara Menggunakan Termux android

Sobat atdroid bisa mendownload termux di play store lewat link ini. aplikasinya kecil kok cuma ratusan KB, tapi tenang sob, agar bisa berfungsi lancar, nanti didalamnya kita disuruh download bermacam-macam paket atau aplikasi, minimal nanti ukurannya 100MB lah, punya saya uda 500MB, dan gak bisa dipindahin ke penyimpanan eksternal.

Setelah selesai di install, tinggal di buka saja, nanti termux akan mendownload semacam paket awal, agar termux bisa berfungsi lancar, proses downloadnya gak lama, kurang lebih 1 menit, kalau internet kamu kenceng.

Proses terakhir yakni lakuakan update dan upgrade untuk mendapatkan package terbaru yang telah disediakan oleh pihak termux.

Fungsi Termux android

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa fungsi dari termux :

  1. Dapat digunakan sebagai aplikasi editor yang berbasis terminal
  2. Dapat digunakan sebagai SSH Client
  3. Dapat digunakan untuk menjalankan python, perl, Dll
  4. Dari yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi fungsi dan kegunaan dari termux, itu tergantung dari kebutuhan para sobat atdroid mau ngapain.

Distro Linux Yang Bisa Dijalankan Pada Termux android

Selain debian kita juga bisa menginstall beberapa distro linuk di termux, yakni :
Ubuntu
  • Fedora
  • Kali Linux
  • Arch Linux
  • Blackarch Linux
  • Dan lain lain.

    Demikianlah perkenalan tentang termux, di tulisan saya selanjutnya saya akan mengajarkan kepada sobat atdroid sekalian, tentang cara membuat hosting dan domain gratis di firebase dengan termux, silahkan dibaca juga ya sob, sampai jumpah.


    Atdx
    Seorang Blogger kambuhan, bikin postingan blog kalau lagi ingin saja, jika ada keperluan silahkan Email saya langsung ke hi@atdx.eu.org

    Related Posts

    Post a Comment

    Subscribe Our Newsletter