Membuat Sertifikat SSL Wildcard Gratis Menggunakan Termux

1 comment


Sertifikat SSL Wildcard gratis dari Let's Encrypt biasanya dibuat lewat Cpanel atau Certbot di PC, disini saya akan menjelaskan ke sobatdroid semua, cara membuat SSL Wildcard dari Let's Encrypt melalui smartphone android.

Apa itu Sertifikat SSL Wildcard

Bagi sobatdroid yang tidak tau, Sertifikat SSL Wildcard adalah sertifikat SSL yang bisa digunakan semua subdomain kita, jadi sobat hanya perlu mendaftarkan satu domain untuk semua ssl subdomain sobat.

Membutuhkan Termux

Kita akan menggunakan Certbot di Android, pertama-tama sobat harus punya termux dulu, kalau tidak tau termux silahkan baca postingan saya yang "mengenal termux terminal linux di android" , sobat juga bisa mendownlaoad termux dari postingan itu.

Pasang OS dari AnLinux

Langkah kedua sobat pasang AnLinux, AnLinux adalah aplikasi tutorial untuk menginstall OS di termux, mengapa tutorial? karena semua eksekusinya dilakukan di termux, alasan kita membutuhkan anlinux, karena kita butuh OS buat jalanin Certbot, pilih saja ubuntu, saya juga menggunakan ubuntu.

Langkah-langkah pembuatan Sertifikat SSL Wildcard.

1. Jalankan ubuntu di termux, dan lakukan update/upgarade paket.

2. Pasang Python dan Git
apt-get update
apt-get install python-minimal
python --version
apt-get install git-core
git --version

3. Download Certbot, Agak lama prosesnya, di tablet saya memakan waktu 1 jam, pastikan layar hp sobat diset tidak pernah mati.
mkdir opt
cd /opt
git clone https://github.com/certbot/certbot.git
cd certbot && ./certbot-auto

4. Sekarang mulai eksekusi pembuatan sertifikat SSL Wildcard, jalankan perintah ini, ganti "domain.com" dengan domain kamu, kalau ada pilihan pilih saja y(yes), jika disuruh tekan enter, jangan tekan dulu.
./certbot-auto certonly --manual --preferred-challenges dns --email emailkamu@gmail.com --server https://acme-v02.api.letsencrypt.org/directory --agree-tos -d *.domain.com -d domain.com

5. Masukkan DNS TXT verifikasi yang tertulis di termux di domain sobat, buka browser tanpa menutup termux.







6. kembali lagi ke termux, kalau error, ulangi lagi langkah no 4, lalu tekan enter, harusnya domain sobat langsung terverifikasi, dan sertifikat SSL Wildcard langsung dibuat.




7. Sekarang sertifilat SSL Wildcard sudah jadi, cek dengan perintah berikut.
./certbot-auto certificates




8. untuk bisa memgambil sertifikatnya, sobat perlu file manager, saya munggunakan "Aplikasi Pengatur Berkas Android Terbaik X-plore File Manager" lokasinya ada di (lihat gambar)(membutuhkan akses root) :
data/data/com.termux/files/home/ubuntu-fs/etc/letsencrypt/live/domain.com




9. kalau sobat bingung kenapa ekstensinya *.pem semua, tinggal rename saja.
- cert.pem > certificate.crt
- chain.pem > ca_bundle.crt
- privkey.pem > private.key
- fullchain.pem > ini ekstensinya memang *.pem.

Penutup

Demikianlah cara membut sertifikat SSL Wildcard gratis dari Let's Encrypt, dengan Cerbot di Termux smartphone android, jika ada yang mau di tanyakan silahkan komen di bawah.
Atdx
Seorang Blogger kambuhan, bikin postingan blog kalau lagi ingin saja, jika ada keperluan silahkan Email saya langsung ke hi@atdx.eu.org

Related Posts

1 comment

Post a Comment