Cara Mendaftar Domain Gratis Freenom 100% Berhasil



Domain atau nama domain menurut wikipedia, adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer , seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Jika kalian ingin membuat web server sendiri di hp android kalian, kalian bisa membaca postingan saya yang "Membuat Localhost di Android dengan KSWEB".

Contoh nama domain yaitu : android.com, inter.net, gembel.org, pandi.id, amrik.us, ingris.co.uk.

Itulah beberapa contoh domain, ekstensi domain TLD (top level domain).

TLD merupakan ekstensi dari sebuah nama domain, misal android.com, "android.com" adalah sebuah nama domain, ".com" adalah top level domain, "android" adalah second level domain.

TLD ada dua macam yaitu gTLD (global top level domain), contoh *.com, .*.net, *.org, dan satunya lagi adalah ccTLD (country code top level domain), contoh *.id (indonesia), *.us (amerika), *.co.uk (inggris).

Beda dari keduanya yaitu TLD mewakili kalangan umum, sedangkan ccTLD mewakili identitas suatu negara.

Pada dasarnya jika kita menginginkan nama domain, kita harus mengeluarkan uang 50ribu sampai jutaan rupiah untuk menebusnya, uangnya kita bayarkan itu diberikan ke penyedianya atau istilahnya resgistarnya.

Domain Gratis

Yang akan saya bahas disini adalah penyedia domain gratis Freenom.com, Freenom.com memberikan domain gratis kepada pelanggannya, domain gratis yang diberikan freenom.com yaitu : *.tk, *.ml, *.gq, *.cf, *.ga.

Domain yang digratiskan ini adalah jenis ccTLD, domain yang merupakan identitas negara tertentu, mungkin tujuan digratisakannya domain tersebut agar domain tersebut banyak yang pakai.

Keuntungan Mempunyai Domain TLD


Alamat website jadi mudah diingat

Keuntungan mempunyai domain TLD adalah nama domain kita bisa dipendekkan, subdomain yang diberikan layanan hosting gratis seperi 000webhost adalah 000webhostapp.com, sudah jelek, panjang, dan susah di ingat, dengan adanya domain gratis dari freenom.com, nama domain kita bisa lebih pendek dan mudah dii ingat seperti dari "kerensaya.000webhostapp.com" menjadi "kerensaya.ga".

Bisa menggunakan cloudflare

Salah satu keuntungannya lagi yaitu kita bisa mendaftar layanan free ssl dan cdn cloudflare, karena cloudflare hanya menerima domain jenis TLD (top level domain), cloudflare tidak menerima subdomain karena hitungannya sudah SLD (second level domain).

Tentang cara dan manfaat menggunakan cloudflare, akan saya bahas di postingan terpsisah, saat ini saya akan fokus cara mendaftar domain gratis freenom 100% berhasil.

Persiapan mendaftar domain gratis

Sebelum menuju ke tutorial ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan, karena blog ini memang khusus membahas tentang android, jadi tutorialnya pun merupakan tutorial yang dilakukan di hp android, karena saya memang hanya punya hp android, persiapan yang perlu kalian lakukan yaitu:

1. Menyiapkan VPN

VPN berfungsi untuk menyamarkan ip kita (identitas internet kita), saya sudah mencoba beberapa kali mendaftar tanpa VPN hasilnya nihil alias tidak berhasil, aplikasi VPN yang saya gunakan yaitu ExpressVPN trial 7 hari, saya menggunakan IP Australia dan Belanda, dan keduanya berhasil.

2. Menyiapkan E-Mail

Setelah mencoba menggunakan email yang pernah digunakan untuk mendaftar, ternyata Freenom tidak menerimanya, karena membuat email baru ribet, maka kita akan menggunakan layanan email sementara yaitu temp-mail.org , cukup buka situsnya maka kita sudah mempunyai email baru, namun jika ternyata email random yang di berikan, sudah pernah didaftarkan, kalian bisa mengubahnya sesuai keinginan kalian di menu "Change" yang ada dihalaman itu juga.

3. Menyiapkan Browser

Kita akan melakukan multi tab di browser, dan karena halaman temp-mail.org yang lumayan berat, untuk menghindari tab temp-mail.org tertutup sendiri, sehingga email konfirmasi tidak masuk, saya sarankan untuk menggunakan browser yang hemat ram, jika hp kalian ramnya sesak kaya hp saya, saya menggunakan tablet advan ram 1 gb, saya menyarankan menggunakan Opera Browser.

Langkah-langkah mendaftar domain gratis

1. Buka aplikasi VPN dan pilih negara terserah kalian saja, tapi saya sudah berhasil dengan negara belanda dan australia.




2. Tulis nama domain yang kamu inginkan, pilih yang tersedia dengan memencet "Get it now" setelah sudah berubah jadi "Selected", tekan " Checkout".




3. Pilih periode "12 bulan" itu masa aktif gratis maksimal yang ada, lalu pencet "Continue".



4. Sekarang kita dimintah untuk memasukkan Email, buka temp-mail.org untuk mendapatkan email, kalian bisa menyesuaikan alamatnya, jika alamat acak yang diberikan sudah terpakai.






5. Setelah Email diterima maka akan muncul halaman ini, tutup saja halaman ini untuk menghemat ram.



6. Pergi ke tab temp-mail.org, mestinya sudah ada email masuk, buka emailnya dan klik link verifikasinya.






7. Sekarang kita diminta mengisi data diri, isi yang penting saja, yaitu nama depan, nama belakang, city dan country (isi sesuai negara vpn yang kalian pilih). terus isi no. telpon, password, terus lanjut, nanti kalian akan di arahkan ke "Client Area".



8. Login dengan Email dan Password yang sudah dibuat.



9. Setelah berhasil login, pilih menu My domain.




10. Setelah masuk di My domain, nanti akan terlihat domain yang sudah kamu daftarkan, jika tertulis " Active", berarti domain kalian sudah aktif, dan akan ada email dikirimkan ke kalian, abaikan saja, sekarang pencet "Manage Domain"



11. Di halaman manage domain pilih "Nameserver"



12. Atur nameserver sesuai hosting yang kalian pakai, karena saya menggunakan 000webhost maka saya isi seperti itu.



13. Setelah sukses akan muncul notif seperti ini, ini tandanya domain kalian sudah siap dipasang di hosting website punya kalian



Jangan lupah mencatat email dan password kalian, untuk keperluan edit Nameserver (DNS) dikemudian hari.

Demikian tutorial Cara Mendaftar Domain Gratis Freenom 100% Berhasil, lebih dan kurangnya mohon diterima saja , sampai jumpah di postingan saya selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mendaftar Domain Gratis Freenom 100% Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link

Iklan Tengah Artikel 1 Auto

Iklan Tengah Artikel 2 Link

Iklan Bawah Artikel Auto