Menggunakan Layanan CDN Gratis dari Hostry



Halo sob, saya punya gratisan lagi buat sobat, kali ini "Content Delivery Network" atau biasa disingkat CDN, untuk sobat yang sudah punya blog wordpress, dan pake hosting luar negri, dan merasa blog sobat berat diakses dari indonesia, na CDN inilah solusinya.

Apa sih CDN itu?

Saya jelasin pake bahasa saya saja ya, CDN itu gabungan server di beberapa lokasi di dunia, yang bekerja beriringan menyalurkan konten website/blog kita, dengan memilih server yang paling dekat dengan pengunjung website/blog kita sob.

Cara Kerja CDN

Jadi dengan kita mendaftar sebuah layanan CDN, layanan CDN tersebut menyimpan konten statis blog kita, kontent statis itu seperti file gambar, video, font, css, jss, dll.

Misal blog kita berserver di indonesia, ada orang luar negri yang mau akses blog kita, misalnya orang amerika, layanan CDN ini akan memilih server CDN amerika mereka buat nyalurin file-file statis tersebut, karena pengunjung dan file statis kita berada di lokasi yang sama, jadi blog kita jadi cepat kalau di akses.

Layanan CDN Gratis Hostry

Kalau sobatdroid mau coba layanan CDN gratis, saya ada ni, layanan CDN nya dari Hostry, walau tidak ada server indonesianya, tapi masih tetap bagus menurut saya, sebagai gantinya ada server singapura, itu negara yang paling dekat dengan indonesia.

Cara mengaktifkan Layanan CDN Hostry

Pertama-tama bikin akun Hostry dulu, klik disini buat mendaftar, kalau sudah selesai mendaftar simak langkah-langkahnya dibawah.

1. Klik CDN yang ada di menu Service.





2. Nanti ada dua pilihan, EU-USA dan World, Pilih World.






3. Masukkan alamat website/blog sobat, terus ok/submit.




4. Nanti akan ke beranda order, pilih CDN yang tadi sobat bikin.

5. Di menu hostname pilih Advance, terus tambahkan hostname baru, contoh : cdn.domain.com.




6. Sekarang kita beralih ke Cpanel hosting n atau DNS manager sobat, arahkan CNAME "cdn.domain.com" ke hostname hostry punya sobat "abc123def.hostrycdn.com".




7. Kembali ke hostry, pergi ke tab ssl, upload sertikat SSL sobat kesitu, biar nanti url cdn sobat SSL juga, kalau belum punya sobat bisa buat menggunakan termux, seperti postingan saya yang "membuat sertifikat ssl wildcard gratis menggunakan termux".





8. Silahkan cek url cdn sobat, akses https://cdn.domain.com, kalau SSL nya sudah aktif dan tampilan sudah persis website/blog sobat, berarti sudah siap untuk dipasang.


9. Sekarang kita beralih ke dashboard Wordpress, download plugin CDN enabler lalu aktifkan, masuk ke pengaturannya, masukkan url cdn sobat dan atur seperti gambar, akun keyCDN-nya abaikan saja.





10. Kalau sobat pakai plugin cache yang support cdn, seperti litespeed cache, W3, WP Rocket, sobat tidak perlu download plugin CDN Enabler lagi, masuk saja ke pengaturan CDN Plugin cache yang sobat pake, kalau sudah selesai jangan lupa Clear Cache-nya dulu, biar CDN-nya bekerja.

Catatan buat Sobatdroid

Kalau blog sobat masih kecil kayak blog saya, layanan CDN ini cukup-cukup saja sepertinya, tapi karena Bandwith yang diberikan cuma 5 GB, pastikan gambar di blog sobat ukurannya tidak besar, apalagi video, video taruh di youtube aja ya.

Penutup

Itu aja sob, silahkan bagikan postingan ini ke sosmed kalian, itu akan sangat membantu saya, agar semangat menulis sob, kalau mau lihat hasil layanan CDN nya, cek gambar dibawah, sampai jumpah dipostingan saya selanjutnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menggunakan Layanan CDN Gratis dari Hostry"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link

Iklan Tengah Artikel 1 Auto

Iklan Tengah Artikel 2 Link

Iklan Bawah Artikel Auto