Cara Menggunakan Layanan CDN Gratis QUIC.cloud



Halo sob, ada gratisan lagi ni, Layanan CDN gratisan lagi, kali ini layanan CDN gratisan dari QUIC.cloud, Layanan CDN ini cara pasangnya agak rumit, jadi simak baik-baik pembahasan saya ya.

Layanan CDN Gratis QUIC.cloud

Layanan CDN gratisan dari QUIC.cloud ini, dimotori oleh LiteSpeed inc, singkat saja, LiteSpeed inc adalah perusahaan yg membuat webserver engine LiteSpeed, kalau sobat pake hosting berbayar, pasti tidak asing lagi dengan webserver engine ini.

Webserver engine LiteSpeed biasa dijadikan bahan jualan hosting, bagaimana tidak sob, LiteSpeed diklaim sebagai webserver engine terkencang saat ini, alasannya karena sudah dioptimasi sedemikian rupa, plus ada proses caching bawaan yang dilakukan di webserver, jika kita memakai liteSpeed.

Plugin LiteSpeed Cache untuk WP

Dan jika kita menggunakan wordpress, untuk wordpress LiteSpeed membuat plugin khusus, fungsinya buat mengatur proses caching LiteSpeed, selain buat mengontrol cache, plugin ini mempunyai banyak tweak juga, agar blog wordpress kita jadi semakin kenceng.

Menggunakan Plugin Litespeed Cache di Apache?

Jadi kalau gak pake Litespeed gak bisa pake pluginnya donk?, bisa sob, cara ini merupakan anjuran plugin ini juga, caranya kita harus menggunakan Layanan CDN gratis dari QUIC.cloud, jadi walau webserver engine sobat Apache, sobat tetap bisa pakai plugin ini, karena nanti cachenya nanti ada di layanan CDN-nya.

Dua Cara menggunakan Layanan CDN gratis QUIC.cloud

Jika sobat mau menggunakan Plugin Litespeed Cache, plus Layanan CDN gratis dari QUIC.cloud, caranya ada dua, yaitu metode CNAME Verified dan CNAME Unverified, kedua cara ini sama rumitnya menurut saya, tapi saya akan bahas satu dulu, yaitu metode CNAME Unverified.

Memindahkan Kontrol DNS ke HE.NET

Layanan free dns he.net merupakan yang terlengkap menurut saya, di he.net ada fitur record bernama "ALIAS", ini fitur yang kita perlukan, agar website kita terhubung dengan Layanan CDN gratis QUIC.cloud.

Jadi kalau mau menggunakan Layanan CDN gratis QUIC.cloud, kontrol DNS-nya harus dipindahkan ke he.net, setelah daftar dan memindahkan kontrol DNS ke he.net, sekalian daftar juga di QUIC.cloud, setelah semua persiapan sudah selesai, silahkan simak baik-baik langkahnya.

1. Di he.net pastikan domain sobat sudah terpoint ke A Record hosting sobat, dan pastikan juga blog sudah bisa diakses.



2. Di halaman depan QUIC.cloud pilih "add domain" terus masukkan alamat blog sobat.




3. Terus tekan next, setelah itu sobat akan mendapat hostname CNAME blog sobat, copy CNAME tersebut.




4. Sekarang pergi ke he.net, tambahkan ALIAS Record ke hostname QUIC.cloud.



5. Kemudian hapus A Record yang dipasang pertama tadi.




6. Balik lagi ke QUIC.cloud, CNAME-nya yang unverified abaikan saja, lakukan setting seperti gambar di bawah, dan di tab ssl upload sertifikat ssl sobat, kalau cname unverified, autogenerate SSL-nya tidak bisa dipake.





Jika sobat belum mempunyai SSL sobat bisa pergi ke postingan saya yang ini dan ini



7. Pergi ke dashboard QUIC.cloud, copy "User api key" yang ada di dashboard sobat.



8. Sekarang Pergi ke Dashboard blog wordpress sobat, kemudian download plugin LiteSpeed Cache.


9. Aktifkan pluginnya terus masuk ke settingnya, lalu "Show Advance Options", dan buka tab CDN.



1O. Di tab CDN scrool ke bawah, Aktifkan QUIC.cloud API, masukkan email dan API yang sobat copy tadi, terus simpan.




untuk settingan lainnya sobat explore saja sendiri, atau googling saja untuk caranya, karna saya juga tidak ahli dibagian setting2.


11. Sekarang plugin LiteSpeed Cache dan CDN QUIC.cloud sobat, sudah aktif, cek alamat IP sobat, jika yang mucul bukan IP hosting sobat melainkan IP QUIC.cloud, berarti CDN nya sudah berjalan seperti semestinya.



Penutup

Itu saja sob, untuk metode CNAME Verified, saya akan bahas dikesempatan yang lain, jika sobat terbantu dengan postingan ini, silahkan bagikan ke sosmed kalian, sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Layanan CDN Gratis QUIC.cloud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Link

Iklan Tengah Artikel 1 Auto

Iklan Tengah Artikel 2 Link

Iklan Bawah Artikel Auto