Ads 720 x 90

Membuat Website Statis dengan Jekyll di Termux



Website statis html konon kabarnya lebih aman dari website dinamis, website dinamis adalah web yang dibuat dengan kode pemrograman kompleks, contohnya adalah pemrograman php yang ada di Wordpress CMS.

Website Dinamis Kurang Aman

Penyebab utamanya saya rasa gara-gara kontenya yang dinamis, karena konten dinamis memerlukan dibukanya ijin akses diberbagai aspek didalam web tersebut, sementara ijin kadang tidak bisa dimanage dengan baik oleh kode-kode program yang kita buat, jadi terbukalah celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Website Statis Lebih Aman

Berbeda dengan website statis, yang kontennya hanya bisa kita ubah di sisi servernya langsung, jadi kecil kemungkinan keamanannya dirusak, kemungkinannya mungkin ketika akun FTP server kita di ketahui saja.

Membuat Website Statis Rumit?

Memang membuat website statis berbasis html memang rumit, karena website statis tidak memungkinkan adanya dashboard seperti di wordpress, yang berfungsi menagatur semua isi wordpress kita disitu, jadi sobatdroid berpikir jika ingin mempunyai statis, sobat harus belajar dan membuat html sendiri.

Mudah Jika Menggunakan Jekyll

Ada jalannya kok, biar bisa punya website/blog statis tanpa harus ngoding sendiri, dengan framework yang bernama jekyll, jadi jekyll ini semacam aplikasi yang men-generate web statis html, hasilnya lumayan bagus, dan banyak tema yang bisa kita pilih.

Apa itu Jekyll?

Karena fokus saya dalam postingan ini adalah untuk membahas peginstallan jekyll, jadi info lebih lengkap silahkan ke websitenya langsung disini, jadi intinya dengan jekyll kita hanya perlu menulis konten/postingan seperti di wordpress, terus digenerate menjadi konten statis berbentuk html.

Memasang Jekyll di Termux Android

Jekyll ini normalnya berjalan di pc, tapi karena kini hp android kita juga uda punya termux, jadi jekyll bisa juga jalan di hp android sobat, untuk cara peginstalannya ke termux, silahkan simak baik-baik tutorial saya ini.

Langkah-langkah Memasang Jekyll

Buka termux dan jalankan perintah ini satu satu.

apt install ruby
apt install ruby-dev
apt install make
apt install clang
apt install proot
termux-chroot
gem install jekyll bundler


Membuat Blog dengan Jekyll

Kini jekyll sudah terpasang di termux hp android sobat, sekarang kita akan membuat sebuah website blog, lakukan perintah ini untuk membuat website blog dengan jekyll.

jekyll new myblog
cd myblog
bundle exec jekyll serve


Webiste/Blog Siap Diupload

Kini website blog jekyll sobat sudah jadi, lihat priviewnya di http://localhost:4000, sedangkan hasil generatenya ada di folder myblog/_site, gunakan perintah "cp" untuk memindahkannya ke penyimpanan sobat.
cp -rf /data/data/com.termux/files/home/myblog/_site /storage/NAMA-KARTUSD/jekyll/public


Penutup

Itu saja kali ini, jika mengalami kesulitan, silahkan komen saja dibawah, sampai jumpah di postingan saya selanjutnya.


Atdx
Seorang Blogger kambuhan, bikin postingan blog kalau lagi ingin saja, jika ada keperluan silahkan Email saya langsung ke hi@atdx.eu.org

Related Posts

3 comments

  1. Replies
    1. Sip, terima kasih kunbalnya.

      Delete
    2. Minta ijin ya kak..jika saya sering berkunjung kemari..artikelnya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemilik blog yang masih sangat baru.. terimakasih kak.

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter