-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Diam-diam Google Tidak Menggunakan Let's Encrypt Lagi Untuk SSL Blogger

5 comments

Dewasa ini Google secara terang-terangan mengjudge blog/website kita tidak aman di Google Chrome, hanya karena blog kita tidak menggunakan SSL/HTTPS, bahkan di mata Google Search, blog yang menggunakan SSL punya nilai lebih, dengan langkah itu Google memaksa secara halus bagi blogger untuk secepatnya menggunakan SSL/HTTPS di blognya.

Blogger by Google

Blogger sebagai Platform Blogging besutan google tentu tidak terkecuali, Bagi pengguna blogger, kita tidak perlu repot-repot membeli dan memasang Sertifikat SSL sendiri, karena di Dashboard Blogger, kita tinggal mengganti tulisan "No" ke "Yes", dan blog kita pun langsung menjadi HTTPS. Bahkan untuk Custom Domain pun, blogger menyediakan SSL Gratis juga.

SSL dari Google Trust Services (GTS)

Tapi Tahukah anda, Jutaan orang bahkan tidak menyadari, kalau google sudah tidak menggunakan SSL dari Let's Encrypt lagi untuk SSL/HTTPS custom domain di Blogger, Sekarang custom domain di Blogger sudah menggunakan SSL yang diterbitkan oleh "Google Trust Services (GTS)", ini adalah Penerbit SSL untuk semua produk Google, termasuk Blogger.com ini, Google Search, Gmail, Youtube, Dll.





Tujuannya untuk Apa?

Penggantian ini belum jelas untuk apa, karena tidak ada info apapun di internet, dan saya pun mengetahui ini secara tidak sengaja, karena iseng-iseng mengklik "gembok hijau" di blog saya, tapi menurut saya ini mungkin untuk keseragaman saja, karena semua produk google menggunakan SSL yang diterbitkan oleh mereka sendiri, jadi Blog di Blogger harus menggunakannya juga.

Ada Apa dengan SSL Let's Encrypt

Tidak ada yang salah dengan SSL Let's Encrypt, Berbayar atau Gratisan, terbitan Google atau Letsencrypt semuanya sama, bahkan pihak Google sudah memberikan pernyataan untuk hal ini, yang jadi pembeda dari gratisan dan berbayar mungkin cuma berada di Monitoring dan Asuransi nya, itupun kalau lita beli SSL yang harga jutaan.

Bagaimana Cara Menggantinya?

Hal ini dimulai sejak akhir November, Secara otomatis SSL Let's Encrypt berganti ke GTS, setelah masa aktifnya habis, jika anda ingin langsung berganti ke GTS tanpa ingin menunggu lama, anda bisa mengubah pengaturan HTTPS di Blogger menjadi "No", lalu diamkan beberapa menit, kemudian ganti menjadi "Yes" Lagi, dan SSL anda pun sudah diterbitkan Oleh GTS.

Ini ada beberapa gambar tentang hal yang saya maksud


SSL Blog saya yang lain www.supriadi.eu.org yang masih menggunakan SSL Terbitan Let's Encrypt 
Let's Encrypt Authority X3 di Chrome Android

Let's Encrypt Authority X3 di Chrome Android



SSL Blog ini www.atdx.eu.org sudah menggunakan SSL Terbitan GTS
GTS CA 1D2 di Chrome Android

GTS CA 1D2 di Chrome PC


Penutup

Demikian tulisan saya tentang "DIam-diam Google Tidak Menggunakan Let's Encrypt Lagi Untuk SSL Blogger" , semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.
Atdx
Seorang Blogger kambuhan, bikin postingan blog kalau lagi ingin saja, jika ada keperluan silahkan Email saya langsung ke hi@atdx.eu.org

Related Posts

Comments

  1. Mampir-mampir mas ke www.otakushinime.xyz

    ReplyDelete
  2. Iya tadi iseng-iseng liat ssl blog atdx ini, ko berubah aja ke SSL Google. Ternyata udah lama berubahnya toh

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas artikelnya bang

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter